Peran Orang Tua dalam Mencegah Anak Kecanduan Gadget

Dikutip dari www.infokomputer.grid.id

Secara langsung maupun tidak langsung, orang tua menanggung porsi kesalahan ketika anak-anak mereka terlampau sering menghabiskan waktunya bermain video game atau gadget darpada berinteraksi sosial dengan lingkungannya.

Padahal, kita mengetahui bahwa digital overload dapat melumpuhkan perkembangan intelektual, sosial, dan emosional anak-anak.

Berikut ini adalah beberapa hasil penelitian yang disuguhkan para pakar perkembangan anak-anak di Amerika Serikat, sekaligus menyarankan cara terbaik bagi orangtua guna mencegah agar situasi tidak semakin buruk.

Terapis keluarga, Susan Stiffelman, menyampaikan kepada The Huffington Post bahwa dewasa ini, orang tua kurang bersiap untuk menghadapi daya tarik dan efek candu yang dinilai sebagai dampak dunia daring (online). "Sebagai orang tua, kita memiliki peluang untuk membimbing anak-anak kita, mempelajari perilaku yang mampu membantu mereka melihat aspek positif dalam dunia digital, tanpa menelannya bulat-bulat," jelas Stiffelman.

Steiner-Adair, penulis buku The Big Disconnect : Protecting Childhood and Family Relationships in the Digital Age, mengungkapkan bahwa ada dua perangai orang tua yang dinilai sangat memengaruhi tindakan naka-nak yang tidak bijak menggunakan perangkat elektronik.

Lihat saja sebagian orang tua terlampau sering berpaling ke ponsel mereka, membaca pesan, dan menonton video. Sebagian lagi gagal membangun dan memelihara dengan baik aturan-aturan yang mereka buat sendiri bagi anak-anak mereka.

Kita sesungguhnya menyadari bahwa anak-anak belajar dengan meniru,lebih sering meniru perilaku orang-orang dewasa, terlebih orangtuanya sendiri. Kita kerap melihat orang tua lebih asyik menggunakan ponselnya daripada berbincang dengan bayinya.

Steiner-Adair mengatakan orang tua sebaiknya mempertimbangkan kembali waktu kapan menggunakan ponsel. Ia menyarankan sebaiknya orang tua memeriksa email ketika anak-anak sedang tidur dan ketika mereka di sekolah.

Ms. Stiffelman, penulis buku Parenting With Presence, menyarankan supaya orang tua menyisihkan waktu lebih banyak untuk anak-anak mereka, agar mereka tahu bahwa ada perhatian yang lebih dan tidak terbagi.

Pada pokoknya, pemanfaatan perangkat-perangkat digital oleh orang tua mestilah sebijak mungkin dan disertai tanggung jawab, yaitu mengawasi cara penggunaan, pembatasan durasi, dan pastikan patuh pada aturan yang sebelumnya dibuat.

Sumber artikel : www.infokomputer.grid.id

sumber gambar : www.rebelcircus.com